Ninja Shuriken and Kunai

Sabtu, 09 November 2013

Prosesor

Kecepatan, kehandalan, stabilitas, dan kredibilitas computer sangat ditentukan oleh prosessor yang digunakan. Fungsi dari prosessor ini diantaranya yaitu untuk mengendalikan seluruh komponen dalam computer dan melakukan operasi-operasi penghitungan aritmatika.
Kecepatan dari prosesor dinyatakan dalam satuan MHz atau GHz yang disebut dengan clock speed. Ukuran tersebut adalah hitungan kecepatan prosesor dalam mengolah data atau informasi. Semakin besar ukurannya, semakin cepat proses pengolahan dan pengaksesan data atau informasi tersebut.

Beberapa merek prosesor yang berkembang di pasaran yaitu: Intel, AMD (American Micro Device), IBM, Apple, Cyrix, IDT.  

Secara umum, prosesor memiliki 3 bagian penting yaitu:
 
a.      Arithmatics Logical Unit (ALU)
Merupakan pusta dari segala perhitungan matematis untuk menjalankan semua perintah yang harus dilaksanakan oleh sebuah system PC.

b.      Control Unit (CU)
Merupakan bagian yang menjadi pengatur semua lalu-lintas data dan perhitungan yang dilakukan oleh prosesor. Dengan adanya ini, segala perhitungan dan eksekusi dapat dilakukan secara berurutan tanpa adanya tumpang tindih antara satu perintah dengan perintah lainnya.

c.       Memory Unit (MU)
Merupakan unit pendukung. Semua perintah yang sering digunakan oleh prosesor akan disimpan sementara pada bagian ini. Pada prosesor modern, memori unit sudah berada pada bagian prosesornya (core). Umumnya, memori ini disebut sebagai cache memory yang dibenamkan pada sebuah prosesor, sehingga kecepatan eksekusinya semakin membaik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar